Konsumsi Makanan Khas Pulau Belitung

KONSUMSI

Karena Propinsi Kepulauan Bangka Belitung yang dominan terdiri dari wilayah lautan, maka ciri khas utama makanan masyarakatnya berhubungan dengan hasil – hasil laut atau hasil olahan hasil laut seperti :


Aneka makanan hasil laut yang di awetkan :
  1.     .   Cumi kering,
  2.        . Ikan kering,
  3.      .   Udang kering
  4.     .   Teripang,
  5.    .    Rusip,
  6.     .   Pekasem.
Aneka makanan hasil olahan hasil laut seperti :
  1.        Terasi
  2.    Sambal lingkong
  3.    Berego
Sebagian  Besar Manakan khas tradisional Pulau Belitung :


       Gangan



       Gangan ini merupakan makanan yang khas dan menjadi makanan utama dalam keluarga dan masyarakat di pulau belitung, juga menjadi makanan dalam upacara adat dan keagamaan.
Makanan ini seperti sayur sop namun berwarna kuning. Terbuat dari ikan laut, potongan nanas dan campuran bumbu kunyit, lengkuas, bawang, gula dan garam. Rasanya gurih dan menyegarkan. Ikan yang digunakan biasanya ikan Kerisi yang banyak ditemui di perairan Belitung. Bentuknya kecil-kecil seperti ikan sarden. Ikan akan terasa lebih nikmat jika dimasak dalam keadaan segar. Sebab akan membuat daging ikan terasa lunak jika dimasak. Gangan ini biasanya di sajikan juga dalam sajian makan bedulang yang merupakan suatu budaya orang belitung.

Rusip



        Makanan ini terbuat dari ikan teri yang diasinkan dan diperam selama satu pekan. Kemudian disimpan didalam botol-botol untuk diawetkan. Rasanya asin-asin manis. Cocok jika dimakan dengan daun singkong rebus dan cabe yang telah diulek (digerus ). Biasanya dimakan sebagai temannya nasi.Buat orang asli belitung tentu rusip bukanlah satu makanan yang aneh atau asing lagi. Rusip adalah makanan berbahan dasar ikan teri yang difermentasikan dalam pot atau guci dengan garam dan ditambahkan dengan gula dan penyedap. Makanan ini juga dapat menambah nafsu makan. Rusip bisa menjadi pengganti sambal dan sangat cocok dimakan bersama lalapan.

Berego


      Makanan yang terbuat dari tepung beras yang disajikan dengan kuah santan yang terbuat dari daging ikan. Mantap dan nikmat disajikan panas apalagi ditambah dengan sambal cabe rawit yang pedes,  dijamin pengen nambah lagi . masih banyak lagi makanan khas Belitung  yang belom penulis ekspos disini. Bangka Belitung adalah sebuah provinsi kepulauan yang dikelilingi laut jadi jangan heran kalau sebagian besar makanan khas nya berapa hasil olahan tangkapan laut yang tentunya sangat bergizi dan mengandung protein yang sangat tinggi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transportasi Andalan Wisatawan di Pulau Belitung

Potensi Ekowisata "Hutan Mangrove Bakau Labunaji" Di Pulau Belitung