Transportasi Andalan Wisatawan di Pulau Belitung


TRANSPORTASI

          Dari Jakarta cara termudah untuk menuju Pulau Belitung adalah dengan pesawat. Ada beberapa penerbangan harian dari Sriwijaya Air langsung ke Bandara H.A.S Hanandjoeddin di Belitung. Semua penerbangan ke Belitung berangkat dari Jakarta dari terminal 1B Bandara Soekarno Hatta. Penerbangan akan memakan waktu  sekitar 45 menit.  
      Anda juga dapat menggunakan rute laut dengan kapal penumpang PELNI atau KM Tristar dari pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Perlu diingat bahwa kapal hanya melayani perjalanan ke Belitung setiap 2 minggu sekali. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 24 jam. Perjalanan akan dikenakan biaya kurang dari Rp140.000,00 dalam satu jalan.
       Dari ibu kota Provinsinya, Tanjung Pandan, Anda bisa menuju pulau Belitung dengan mengunakan speedboat, perjalanan akan memakan waktu sekitar 4 jam. Sejauh ini moda transportasi ini merupakan yang paling nyaman karena memiliki pendingin. Biaya yang dikenakan untuk menaiki transportasi ini sekitar Rp160.000,00 untuk satu kali perjalanan. Kapal ini berangkat setiap hari pukul 14.00 dari Pangkal Pinang Bangka ke Belitung dan berangkat dari Tanjung Pandan Belitung ke Pangkalpinang.
         Pulau Belitung di kelilingi dengan pantai sehingga mata mencaharian masyarakat pulau belitung sebagian besar adalah nelayan. Sehingga banyak perahu perahu nelayan di bibir pantai yang di sewakan untuk bisa menikmati keindahan dalam hal mengunjngi beberapa objek wisata lain seperti pulau lengkuas, pulau burung dan pulau kepayang yag tidak jauh untuk di kunjungi dengan menggunakan perahu nelayan. Contoh nya Perahu Kulek yang merupakan perahu kecil yang terlihat unik yang biasanya di gunakan sebagai sarana nelayan untuk memancing ikan.
Adapun transportasi lainnya yang bisa di gunakan oleh pengunjung yaitu, Sepeda Ontel yang di sewakan oleh masyarakat setempat untuk bisa mengelilingi area lokasi dari mulai Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Tanjung Kelayang tepatnya daerah di sekitar Hutan Mangrove bakau labunaji.

 Gambar Perahu Kulek & Sepeda Ontel





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Potensi Ekowisata "Hutan Mangrove Bakau Labunaji" Di Pulau Belitung

Konsumsi Makanan Khas Pulau Belitung